Rahasia All New Suzuki Ertiga Lebih Irit BBM


Jakarta – Hasil Liga Irit All New Suzuki Ertiga di Bali Selatan pada 28-29 Juni lalu mencapai angka 23,15 kilometer per liter untuk transmisi otomatis dengan jarak tempuh 85,7 kilometer.

Sedangkan All New Suzuki Ertiga bertransmisi manual mencapai 20,85 kilometer per liter setelah melaju sejauh 101,9 kilometer. Liga irit ini menggunakan metode full to full, tutup tanki bensin disegel. Tombol pengatur AC juga disegel agar tetap menyala pada saat berkendara.

Adapun klaim Suzuki dengan basis pengetesan oleh Balai Pusat Teknologi Termodinamika Motor & Propulsi (BPT2MP) adalah 18,09 kilometer per liter (manual) dan 16,73 kilometer per liter (otomatis).

Head of 4W Brand Development and Marketing ResearchPT SIS Harold Donnel mengatakan bahwa Suzuki telah menerapkan platform baru untuk All New Ertiga, yakni HEARTECT. Platform baru ini menggunakan bahan high strenght steel yang lebih ringan. “Efeknya, bobot All New Suzuki Ertiga lebih ringan 50 kilogram dibanding model sebelumnya,” kata Harold di Bali beberapa waktu lalu.

Bobot lebih ringan inilah yang membuat konsumsi bahan bakar All New Suzuki Ertiga menjadi lebih irit 3,3 persen dibanding model terdahulu.

Keuntungan lain dari platform baru ini adalah chassis lebih rigid dan meningkatkan stabilitas mobil pada saat berkendara. Center of gravity juga lebih rendah sehingga handling juga lebih mudah.

Suzuki Ertiga terbaru diluncurkan pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show, April 2018. Model ini mengisi segmen kendaraan keluarga 7 penumpang, berhadapan dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, dan Wuling Confero.

All New Suzuki Ertiga dibekali dengan mesin bensin 1.5L empat silinder 16 katup dengan kode K15B. Mesin berkubikasi 1.462 cc ini mampu menghasilkan tenaga 77 kW pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm pada 4.400 rpm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *